Pernah berfantasy kan? Ngayal-ngayal dikit, menyenangkan diri, dengan harapan akan terjadi hal yang indah disuatu saat nanti. Nantiiiiiiiii……. Hehe

Asyik kan berfantasy? Lebih asyik lagi kalo fantasy nya berjamaah. Lho?

Tentang Fantasy Football
Fantasy football paling seru kalau dilakukan berjamaah, rame-rame sama teman-teman. Kita bisa membuat liga sendiri (private league) untuk satu musim yang isinya satu group kita sendiri. Kalau terpaksa gak ada teman yang mau diajakin, kita bisa join liga yang ada, baik domestik maupun global (public league).

Dalam Fantasy Football, kita bak seorang manager suatu klub sepak bola, yang bebas memilih pemain untuk mengarungi satu musim kompetisi dan memenangkan Liga. Kita diberi modal awal untuk belanja pemain dan menentukan starting XI disetiap minggunya, termasuk menentukan siapa yang akan jadi Kapten nya.

Pemain yang dipilih sesuai dengan kondisi riil nya atau setidaknya sesuai dengan penilaian riil di lapangan. Semakin jago pemain, tentunya didukung oleh statistik dia sebelumnya, maka semakin mahal harga pemain itu.

Ada beberapa operator penyelenggara fantasy football ini. Antara lain EA Sport, Fantrax, atau ada juga Supper Soccer nya Djarum, dll. Liga nya pun bermacam-macam, ada liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italy, dll.

Nah, tentu saja yang paling seru adalah Liga Inggris atau Premier League.

 

Fantasy Premier League
Liga Inggris menjadi favorit karena persaingannya begitu ketat. Tidak ada segelintir tim yang mendominasi, seperti Madrid – Barca di Liga Spanyol, Muenchen-Dortmund di Liga Jerman, PSG di Liga Prancis, Juve di Liga Italy, dll. Di Premier League, sering terjadi tim besar kalah dengan tim kecil yang peringkat klasemennya jauh di bawahnya. Banyaknya pemain bintang yang bermain di Premier League juga membantu kita menentukan pemain pilihan di tim yang tidak hanya “itu-itu saja”.

Operator resmi dari Fantasy Premier League (FPL) adalah EA Sport. Link nya adalah fantasy.premierleague.com. Selain dari website, kita juga bisa download aplikasinya di android maupun ios.

Setiap pemain akan diberi modal £100, kita harus memilih 15 pemain. Komposisi 15 pemain itu adalah 2 kiper, 5 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 3 penyerang. Dalam 1 team kita itu dibatasi maksimal 3 pemain dari klub yang sama. Jadi buat yang fanatik akan klub tertentu, terpaksa harus sedikit menurunkan kadar fanatisme nya. Buat yang belum pernah main fantasy football, jangan kira kita bisa mengisi full tim kita dengan pemain bintang, karena modal £100 itu sangat pas-pas an.

Setiap minggunya kita harus menentukan starting XI. Jika ada pemain di starting XI kita tidak main di minggu itu, maka otomatis akan diganti oleh pemain cadangan. Kita juga harus menentukan Kapten dan Wakil Kapten dengan hati-hati, karena disetiap minggu, sang kapten akan mendapatkan point double. Kalau Kapten tidak main diminggu itu, akan digantikan oleh wakil kapten. Penentuan kapten ini bisa sangat membedakan point kita di setiap minggu dengan para “saingan” kita.
Dengan modal pas-pas an itu, kita juga bisa atur strategi untuk misalnya fokus ke penyerang saja, pemain tengah saja, atau bek saja dengan komposisi lebih banyaknya pemain bintang di posisi tersebut. Harga penyerang dan pemain tengah biasanya lebih mahal dibanding bek atau kiper. Fokus komposisi ini juga bisa terlihat dari formasi yang kita pilih, bisa 4-4-2, 3-4-3, atau 3-5-2. Formasi akan berubah oleh sistem jika ada beberapa pemain yang tidak main dan diganti oleh cadangan yang berbeda posisi.

 

foto : Contoh harga pemain FPL 2017

 

Setiap minggu, pemain diberi free 1x untuk transfer atau jual-beli pemain. Lebih dari 1x, akan dikenakan penalty 4 point. Ada 3 booster penting yang disediakan untuk memaksimalkan point atau adu strategi. Antara lain

1. Bench boost.
Nilai semua pemain cadangan (di luar starting XI) akan dihitung di point total. Hanya dapat digunakan 1x sampai akhir musim.
2. Free Hit / Wild Card
Bebas transfer atau jual beli pemain berapapun, tanpa batasan jumlah, asal dananya mencukupi. Dapat digunakan 1x tiap setengah musim, atau 2 x dalam 1 musim.
3. Triple Captain
Point Kapten akan dikalikan 3. Dapat digunakan 1 x dalam satu musim.

Pelajari dengan seksama sistem scoring nya, agar kita bisa memilih pemain dengan tepat.

 

 

Tips and Trick

Ikastara setiap musimnya selalu menyelenggarakan kompetisi fantasy football premier league ini dengan peserta tiap tahunnya sekitar 50 orang. Juara tahun lalu adalah Tim Ciheulang, dengan Pundit atau managernya adalah Mohammad Firmansyah (PMan) , Alumni TN angkatan XI, yang sehari-hari berprofesi sebagai seorang engineer.

foto : Mohammad Firmansyah, Juara Ikastara Fantasy Premier League 2016.

 

Menurut PMan, tahun lalu adalah kali perdana dia main FPL. Sebelumnya dia ikut fantasy Euro 2016 yang diselenggarakan oleh Ikastara juga, ternyata menarik. Setelah itu dia iseng nyobain main FPL. “Seru juga, hehehe…”, PMan terkekeh saat ditanya alasannya ikut FPL.

Dan ini yang penting buat dicontek, Tips dan Trick PMan selama semusim main FPL
1. Pantau line up, formasi, dan strategi tiap tim. Buat menentukan pemain yang main dan potensi menyumbang poin besar.
2. Pakai chips (bench boost dan triple captain) dan wildcard di saat yang tepat.
3. Lihat jadwal kapan ada blank dan double gameweek.
4. Sabar kalau mau transfer pemain. Pantau harga kapan akan naik/turun.
5. Follow akun-akun twitter yang berhubungan dengan FPL. Saat ini total ada 57 akun (plus akun klub) yang di-follow buat tau update dan strategi2 terbaru.

Terakhir, saat ditanya rasanya jadi juara Ikastara FPL, PMan menjawab “Seru. Apalagi nikungnya di minggu terakhir.”

foto : Chat WA group Pundit TNXI 

 

Buat yang berminat ikut Ikastara FPL, buat team mu dan join private league dengan kode 821176-197320 di website fantasy.premierleague.com. Ayo buruan join, deadline sampai tanggal 11 Agustus 2017, sebelum Kick Off Perdana Premier League dimulai.

Memang tidak ada hadiah untuk sang juara, tapi Adu Gengsinya itu lho yang bikin Grengggg.

(fdp/tn11)